about


profile

Nama lengkap Hindra Setya Rini, perempuan kelahiran Jambi berbintang Aries. Menghabiskan masa remaja di pulau Bintan Kepulauan Riau, dan memutuskan  hijrah ke Yogyakarta setelah lulus SMU. Belajar kesenian secara informal pertama kali di Teater Garasi, sebagai pemeran mulai tahun 2001 hingga 2011. Di sana pula sempat terlibat dalam kerja kreatif dibidang penulisan selama kurang lebih empat tahun, yaitu buletin skAnA sebagai pemimpin umum, redaktur dan sekaligus reporter. Berhasil menamatkan pendidikan formalnya di Universitas Sanata Dharma jurusan sastra inggris, dan sekarang sedang belajar fotografi di sebuah sekolah gratis, Kelas Pagi Yogyakarta. Dalam berkesenian, lebih cenderung dan senang menggunakan pendekatan metode story-telling dalam proses penciptaan karya.


DATA PRIBADI

Nama:
Hindra Setya Rini.

Tempat & tanggal lahir:
Jambi, 17 April 1982.

Status:
Menikah.

Alamat:
Sindurejan WB.3/92, RT. 045/RW. 009 Kel. Patangpuluhan, Kec. Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Telepon/HP:
081 826 0501

Email:

Pendidikan terakhir:
S1 Jurusan Sastra Inggris Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Pendidikan Non Formal:
Studi Keaktoran dan seni pertunjukan di Teater GarasiGarasi Performance Institute Yogyakarta (2001 – 2011)
Studi fotografi di Kelas Pagi Yogyakarta (2014 – 2016).


PELATIHAN (WORKSHOP) / SEMINAR / KURSUS (SHORT COURSE)


2016
Workshop Doc.Now! workshop fotografi dokumenter, sebagai peserta terpilih (seleksi) dengan foto tema Ketahanan Pangan. (Kelas pagi Yogyakarta / KPY, Yogyakarta).

2015
-        Workshop dan lomba Food Photography “SUPERFOOD EXPO #7”, sebagai peserta dan menjadi pemenang juara III, (Jogja Expo Center, Yogyakarta).
-        Workshop “Commercial Still Life Photography Contes”, sebagai peserta dan menjadi pemenang juara III, (Bicos & Jogja Expo Center, Yogyakarta).

2013
Workshop story-telling berbasis arsip Museum Nusa Tenggara Timur (MNTT) dalam  penciptaan karya seni pertunjukan “Koteklema dan Ksatria Laut Lamalera”, program hibah KARYA! Jaringan Arsip Budaya Nusantara 2013, sebagai fasiliitator dan inisiator. (MNTT, Kupang - NTT).

2012                
International Seminar Jogja-NETPAC Asian Film Festival “Redreaming  Asia”, sebagai peserta (Gedung Societet Militer, Yogyakarta).



2008 - 2009
PEOPLE’S PUPPET PROJECT FOR YOUTH, sebagai pelaku seni dan fasilitator untuk peserta pelajar SMP Kab. Bantul (Yayasan Bagong Kussudiarja, Yogyakarta).

2007                
Dance Workshop “Cambodia – USA – Indonesia Interculture Exchange” Asian Cultural Council, sebagai peserta (Studio Banjarmili, Yogyakarta).

2006               
-         Temu Sastrawati Nasional, Direktorat Kesenian, Nilai Budaya, Seni dan Film, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, sebagai peserta (Jakarta).
-          Workshop Story-Telling bersama Rudy Correns, sebagai peserta (Teater Gardanalla,   Yogyakarta).


PENGALAMAN KERJA
2012-sekarang
Pendiri dan manajer program di bioscil (bioskop kecil), Yogyakarta. Bioscil merupakan ruang alternatif untuk menonton film anak-anak  dan/untuk anak-anak. Hingga kini sudah ada #10 pemutaran keliling ke perkampungan dan komunitas belajar anak-anak di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

2013 – 2014
Penggagas proyek seni pertunjukan berbasis arsip museum Daerah Nusa Tenggara Timur (MNTT) berjudul “Koteklema & Ksatria Laut Lamalera”, dan fasilitator story-telling dengan peserta remaja dari empat sekolah menengah umum di Kupang, Nusa Tenggara Timur (Hibah Karya JABN 2013).

2010
Fasilitator dan sutradara Pertunjukan Fireflies dalam Stage Performance Class program studi Sastra Inggris Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

2009
-     Ear For Your Stories a.k.a Lapak Curhat, sebagai kreator dan fasilitator story-telling dengan kalangan umum di Lakibini Art-Space, Yogyakarta.
-     Fasilitator workshop story-telling dengan peserta guru SD dan pendongeng di Taman Budaya Yogyakarta.
-     Fasilitator workshop story-telling dengan pustakawan di Perpusda, Malang (Jatim).

2008
Fasilitator workshop untuk remaja (pelajar SMP) dalam PEOPLE’S PUPPET PROJECT FOR YOUTH, (Yayasan Bagong Kussudiarja, Yogyakarta).


2007

  • Fasilitator dan kreator “Workshop Story-Telling Remaja” dengan peserta pelajar SMU dari tiga sekolah menengah umum populer: De Brito, Stella Duce, dan SMUN 3 Yogyakarta (Teater Garasi).
  • Fasilitator untuk aktor “GardanallaToko Cerita”, Galeria Mall Yogyakarta (Teater Gardanalla).

2006-2010 (Kepenulisan)
Bekerja di Newsletter skAnA produksi Yayasan Teater Garasi sebagai pemimpin umum, pemimpin redaksi, dan juga sebagai reporter  pertunjukan teater jogja (Yogyakarta).

2001-2011 (Pertunjukan Teater / keaktoran)

        Bekerja dan terlibat aktif dalam pertunjukan Teater Garasi Yogyakarta, sebagai aktor, diantaranya adalah pertunjukan teater “Waktu Batu” yang dipentaskan di Art Summit Festival (Jakarta, 2004), Insomnia 48 (Singapura, 2004), Intransit Festival (Berlin, 2005), dan Morishita Studio (Tokyo, 2006); “Fireflies” (2004); “Camar” karya Anton Chekov sutradara Corrina Manara produksi Theater Embassy Belanda (2008); "Space Scape Project; Cerita ruang bersama" oleh KUNCI Cultural Studies Center (Yogyakarta, 2010)JogjaBroadway: Pangeran Bintang dan Putri Embun produksi Garasi Enterprise (Yogyakarta, 2010-2011).

Tidak ada komentar: