8 September 2023

Prosedur Pemutaran Film "Murdijati Gardjito"

 
Tentang Pehagester; Tur dalam Negeri
Pehagengsi mengajak teman-teman untuk sama-sama belajar mandiri dengan bekerjasama untuk keberlanjutan sinema. Setelah sukses menggelar Pehagengster pada bulan film nasional tahun 2022 di 10 kota (11 layar). Pehagengsi membuat program lanjutan dengan tajuk Pehagengster; Tur Dalam Negeri. Mari bersama-sama memperpanjang energi ini, semoga Tuhan & Semesta Alam memberkati.


Kali ini bekerjasama dengan Hindra, Sutradara & Produser film dokumenter Murdijati Gardjito, Pehagengsi ditunjuk sebagai penanggungjawab dalam tur pemutaran film “Murdijati Gardjito” ini agar pencatatan mengenai film tersebut dapat diarsipkan dengan tertata dan terkoordinasi dengan baik.

Metode Pemutaran Film yang ditawarkan dengan Syarat & Ketentuan di bawah ini:

Ketentuan
  1. Eksibitor (penyelenggara pemutaran film) dibebaskan untuk menentukan bentuk kegiatannya sendiri; pemutaran indoor/outdoor, termasuk tidak terbatas hanya kegiatan nonton bersama (nobar) atau/dengan kegiatan penyerta lain (misalnya diskusi), untuk peserta umum dan/atau hanya untuk kelompok tertentu, dll.
  2. Eksibitor diperkenankan mencari sponsor atau membuat aktivasi seperti bazar, dll.
  3. Materi film akan diberikan dalam bentuk file digital melalui link drive yang akan dikirim pada hari H-1 (jika luar kota Yogyakarta), Flashdisk / HDD jika diantar langsung oleh perwakilan pemilik film. Materi ini HANYA untuk  digunakan pada tanggal dan waktu yang telah disepakati dan setelahnya file salinan film dihapus. Eksibitor / Penyelenggara dilarang melipat gandakan materi film yang diberikan.
  4. Siapkan waktu yang cukup dalam mengadakan kegiatan. Sebaiknya bentuk, jadwal, dan tempat kegiatan sudah dipastikan selambatnya dua minggu sebelum pelaksanaan; agar masih ada cukup waktu untuk publikasi acara. Untuk kebutuhan pemutaran, sebaiknya ada uji coba layer tayang (preview) film terlebih dahulu terhadap materi film bersama perwakilan Pehagengsi/Sutradara, sehingga apabila terdapat permasalahan teknis dapat diatasi H-1.
  5. Jika eksibitor ingin mengundang narasumber dari pihak Pehagengsi (sutradara film atau produser) diwajibkan memberi akomodasi dan screening fee.
  6. Jika eksibitor tidak memiliki kecukupan dana untuk screening fee dan/atau operasional akomodasi, diharapkan metode saweran atau donasi penonton dapat diberlakukan oleh penyelenggara untuk mendukung keberlanjutan pemutaran-pemutaran film ini selanjutnya, juga sebagai bentuk apresiasi terhadap karya si Pembuat film. Hasil dari saweran tersebut akan dibagi menjadi 40% kepada Pehagengsi, 60% dibagi kepada penyelengara (30% kepada yang sedang memutar film dan 30% kepada penyelenggara berikutnya). Skema ini dilakukan untuk upaya saling “gotong royong” mendukung keberlangsungan sinema Indonesia untuk dapat diputar secara mandiri di banyak tempat tanpa menggantungkan diri kepada pemodal besar/utama.
 


Syarat
  1. Bertanggung jawab penuh atas penyediaan ruang serta kelengkapan alat penayangan film (proyektor, layar, sound system, dll)
  2. Wajib menjaga kerahasiaan dan keamanan materi film agar tidak digandakan atau jatuh kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.
  3. Bersedia berkoordinasi dengan perwakilan Pehagengsi selama tahap persiapan dan pelaksanaan kegiatan, serta memastikan bahwa kegiatan berjalan dengan baik.
  4. Bersedia membagikan foto dokumentasi kegiatan dan data penonton (jumlah, email, komunitas). Jika melangsungkan sesi diskusi dengan atau tanpa Pehagengsi wajib mengunggah hasilnya ke plafrom audio/video penyelenggara sebagai dok/arsip zaman.
  5. Menyiapkan materi publikasi cetak dan/atau digital untuk keperluan kegiatan (poster, press release, dll) dan bersedia membagikan kepada Pehagengsi sebagai materi publikasi setelah acara (Post Event). Link film atau materi film akan diberikan setelah mengisi Formulir Penyelenggara.
  6. Materi publikasi wajib menyertakan Poster film Murdijati Gardjito dan mencantumkan logo Pehagengsi pada publikasi (bersama logo-logo pendukung lainnya dalam penyelenggaraaan acara pemutaran).
 


Jika kelompok/komunitas/kolektif/organisasi/institusi Anda tertarik untuk kolaborasi dengan Pehagengsi dalam program “Pehagengster; Tur dalam Negeri” dengan ketentuan serta bersedia memenuhi syarat-syaratnya, silakan mengisi formulir yang bisa diunduh di sini dan mengirimkannya ke pehagengsi@gmail.com dengan tajuk (subject) Pehagengster_Murdijati Gardjito (nama kota); (Nama Kelompok Anda). Jika ada pertanyaan atau membutuhkan informasi lain seputar program ini, silakan WA 08132 884 5775. Terima kasih.
 
*Seluruh foto oleh: Gevi Noviyanti, F Yodha P, & Rifqi Mansur Maya

Tidak ada komentar: