29 November 2013

Hindra Setya Rini Hasilkan Koteklema dan Ksatria Laut Lamalera (29 November 2013, Tribun Jogja)

Laporan Reporter Tribun Jogja, Riezky Andhika Pradana

Tribun Jogja/Riezky Andhika P

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satu diantara peraih Hibah KARYA! 2013 adalah Hindra Setya Rini. Pada September 2013 lalu, Hindra telah mewujudkan proyeknya yang bertajuk “Koteklema dan Ksatria Laut Lamalera”.

Hasil dari proyek tersebut adalah pementasan teater keliling selama empat hari berturut-turut pada 24-27 September 2013.

Pementasan teater itu digelar di Museum NTT, SMKN 1 Kupang, SMAK Giovanni Kupang, dan SMAN 3 Kupang. Pada pementasannya tampil para siswa gabungan empat sekolah bersama seniman Aceh PM Toh. Sebelum pementasan, siswa-siswi ini mengikuti workshop dan proses penciptaan karya yang difasilitasi oleh Hindra.

Program Hibah KARYA! 2013 ini diinisiasi oleh Jaringan Arsip Budaya Nusantara. Jaringan ini terdiri atas lembaga-lembaga arsip di seluruh Indonesia. Sedangkan proyek “Koteklema dan Ksatria Laut Lamalera” ini menggunakan arsip dari Museum Daerah Nusa Tenggara Timur.

Usai menyelesaikan “Koteklema dan Ksatria Laut Lamalera”, seniman kelahiran Jambi, 17 April 1982 ini berinisiatif berbagi cerita tentang proyeknya dan proses dalam berkarya dalam public sharing Rabu, (27/11/2013), di Rumah IVAA, Jln Ireda, Gang Hiperkes, Dipowinatan MGI/188AB, Keparakan, Yogyakarta.

Sudah lama Hindra ingin berkarya di Indonesia Timur, terutama setelah banyak berbincang dengan PM Toh dan Rifqi Mansur Maya.
------------------------------

Tidak ada komentar: